Siapakah Pemain Catur Terbaik Dunia?

Siapakah Pemain Catur Terbaik Dunia? Mengetahui berapa lama jenis olahraga pikiran ini ada, pikiran tanpa sadar muncul bahwa itu benar-benar layak diketahui. Artikel ini berisi nama-nama grandmaster terbaik sepanjang masa, tidak hanya berhasil memenangkan, mempertahankan gelar mereka, tetapi juga meninggalkan jejak signifikan dalam sejarah perkembangan catur – menjadi guru bagi orang lain.

Siapakah pemain catur terbaik dunia?

foto oleh vlada karpovich dari pexels

Permainannya adalah skakmat raja lawan menggunakan manuver bidak-bidak bergerak menurut aturan tertentu.

Permainannya adalah skakmat raja lawan menggunakan manuver bidak-bidak bergerak menurut aturan tertentu.
Grandmaster tidak termasuk dalam TOP

Dalam catur klasik, kedua lawan masing-masing memiliki 16 bidak bermanuver dilapangan bermain 64 sel. Tujuan permainan ini adalah melakukan skakmat terhadap bidak raja lawan. Potongan-potongan permainan terdiri dari pion, benteng, uskup, ksatria, ratu, raja. Sebelum mulai bermain, perlu mempelajari aturan permainan baik, atau setidaknya memahami bagaimana berbagai bidak bergerak disekitar papan.

Di antara master terbaik, pakar, penggemar permainan selalu menyebutkan orang-orang memberikan kontribusi signifikan bagi pengembangan olahraga ini. Diskusi tentang siapa grandmaster terbaik tidak mereda. Di sini kami menyajikan daftar para jenius catur tidak termasuk dalam daftar TOP-10, tetapi selalu diberi kehormatan sebutan terhormat atas kontribusi signifikan mereka terhadap teori, praktik permainan.
Paul Morphy – jenius catur terlupakan dari pertengahan abad kesembilan belas

Paul Morphy – jenius catur terlupakan dari pertengahan abad kesembilan belas
Paul Morphy

Pemain catur itu menganut taktik menyerang dalam permainan. Dia dianggap sebagai grandmaster terkuat ditahun lima puluhan abad XIX, pemain terbaik abadnya. Sayangnya, pada masanya tidak ada kejuaraan dunia resmi. Oleh karena itu, Paul Morphy tidak bisa mendapatkan gelar raja catur. Meski demikian, pecatur ini unggul diatas semua pesaingnya. Dan ini memunculkan keturunan, ahli menghormati prestasinya:

• Pemain catur menjadi pemenang Kongres Catur Amerika pada tahun 1857.

• Dia mengalahkan semua pemimpin catur kelas dunia diakui diEropa (1858).

• Perannya dalam opera masih dipelajari. Salah satu grandmaster terkuat abad ke-20, Bobby Fischer, memasukkan Paul Morphy ke dalam sepuluh besar catur terbaik sepanjang masa.
Tigran Vartanovich Petrosyan – grandmaster Soviet kelas dunia

Tigran Vartanovich Petrosyan – grandmaster Soviet kelas dunia
Tigran Petrosyan

Grandmaster memegang gelar raja dalam catur selama enam tahun (1963-1969). Tanpa kehilangan satu pertandingan pada tahun 1962, ia menerima julukan “Iron Tigran”, yangnya ia tercatat dalam sejarah.

Taktik grandmaster didasarkan pada keterampilan bertahan, apa disebut “pengorbanan pertukaran”.

Seorang pemain elit gaya serbaguna, Petrosian memenangkan gelarnya dari Mikhail Botvinnik, dikonfirmasi kemenangan melawan Boris Spassky.

Belakangan, Spassky tetap menyusulnya, tetapi Petrosyan menjadi langkah terakhir, tersulit Bobby Fischer menuju gelar juara.

Viswanathan Anand – belajar bermain catur dari hebat!

Viswanathan Anand – belajar bermain catur dari hebat!
Vishwanathan Anand

Grandmaster adalah juara dunia tak terbantahkan selama lima tahun (dari 2007-2013), juara dunia FIDE (2000-2002), tetap dalam sejarah dinomor 15 diantara raja-raja catur. Dalam perjalanan menuju kesuksesannya, ia kalah pada 1995 dari Kasparov, pada 1998 dari Karpov. Namun kemudian pada 2007, Viswanathan Anand mengalahkan sejumlah pemain kelas dunia, termasuk Kramnik, menjadi juara resmi.

Grandmaster mempertahankan gelarnya masing-masing pada 2010, 2012 melawan Topalov, Gelfand. Namun pada tahun 2013, ia masih harus pindah – juara dunia saat ini Magnus Carlsen memasuki arena permainan.

Namun, Viswanathan Anand adalah grandmaster India terbaik sepanjang masa. Dan jasanya terhadap sejarah hampir tidak dapat ditaksir terlalu tinggi – ribuan penggemar, pengikut diseluruh dunia mendukung pencapaiannya.
Permainan ini mempekerjakan 16 buah disetiap sisi – putih, hitam. 8 chip adalah pion. 8 buah sisanya adalah benteng, ksatria, uskup, raja, ratu

Permainan memiliki 16 buah disetiap sisi – putih, hitam. 8 chip adalah pion. 8 buah sisanya adalah benteng, ksatria, uskup, raja, ratu
TOP 10 pemain catur terbaik dunia

Daftar juara kami bukanlah peringkat. Ini hanya mencakup terbaik dari terbaik – master catur kelas dunia diakui. Tanpa ragu, siapa pun akan dapat memberi nomor pada daftar pemain catur ini, sesuai pemahaman mereka tentang kontribusi mereka terhadap sejarah permainan:

  1. Dengan nomor seri mendapatkan gelar resmi terbaik dalam permainan.
  2. Dengan batas usia.
  3. Dengan lamanya pemerintahannya sebagai raja catur.
  4. Berdasarkan preferensi pribadi.

Catur adalah permainan unik. Bagi sebagian orang itu adalah hiburan, bagi sebagian lagi teka-teki sulit, bagi lain berubah menjadi kompetisi, ada pula menggunakannya sebagai simulator pengembangan logika.

Permainan mungkin tampak sulit atau membosankan. Tapi itu hanya orang-orang tidak jatuh cinta padanya seperti dilakukan para grandmaster dalam daftar kami.
Emmanuil Lasker menikmati permainan, mendapatkan uang darinya sampai usia tua

Emmanuil Lasker menikmati permainan, mendapatkan uang darinya sampai usia tua

Emmanuil Lasker (24/12/1868 – 11/11/1941)

Dia tidak hanya seorang pemain catur, tetapi juga seorang ahli matematika.

Lasker memenangkan gelar juara dunia dari pemegang gelar pertama – Wilhelm Steinitz pada tahun 1894, memakainya selama 27 tahun. Kemudian Steinitz berusia 58 tahun, Lasker berusia 26 tahun.
Hanya pada tahun 1921 turnamen menentukan Lasker terjadi melawan José Raul Capablanca, dimana grandmaster Jerman terkenal saat itu kehilangan gelarnya terbaik demi pesaing lebih muda. Apa harus dilakukan, olahraga didasarkan pada pemuda! Ada perbedaan usia signifikan antara Lasker, Capablanca (20 tahun), tetapi kali ini tidak lagi berpihak pada Lasker.
Dalam permainan, pemain catur adalah seorang generalis menguasai gaya posisi, menggunakan permainan akhir.

Menurut pemain catur Vladimir Kramnik, Emmanuel Lasker memiliki selera bermain unik.

Catur melatih kecerdasan. Dan ini dibuktikan oleh master besar Emanuel Lasker.

Catur melatih kecerdasan. Dan ini dibuktikan oleh master besar Emanuel Lasker.

Dan justru keanehannya inilah memungkinkan grandmaster selama lebih dari 50 tahun hidupnya berhasil, senang hati menghasilkan uang dari pertempuran catur. Diketahui bahwa pada tahun 1935, pada usia 66, Lasker memenangkan tempat ketiga diturnamen (Moskow), mengalahkan Capablanca, Vera Menchik (juara catur dunia wanita pertama) poin.
José Raul Capablanca (19/11/1888 – 03/08/1942)

Berasal dari Kuba, grandmaster menyadari dirinya dalam beberapa samaran – dia adalah seorang penulis, diplomat, pemain catur.

Pada tahun 1921, Capablanca memenangkan gelar dunia, menjadi terkenal karena gaya bermainnya unik. Ia dijuluki “mesin catur” karena tidak mungkin menemukan kesalahan dalam tekniknya (middlegame, endgame).
Karier Capablanca dimulai pada tahun 1909. Dari tahun 1916 hingga 1924, grandmaster dianggap tak terkalahkan. Pada saat sama, sepanjang karirnya ia hanya kehilangan 34 pertandingan.
Capablanca kehilangan gelarnya pada tahun 1927 dalam sebuah turnamen melawan Alekhine. Sayangnya, tidak mungkin mengembalikan gelar tersebut, karena dalam masa sulit antara dua perang dunia, penyelenggaraan kompetisi dibatasi oleh masalah internasional.

Grandmaster, tekniknya bahkan komputer tidak menemukan kesalahan

Grandmaster, tekniknya bahkan komputer tidak menemukan kesalahan

Pengikut permainan catur menganggap Capablanca jenius. Ini karena kemampuan awal unik:

Diketahui bahwa sudah pada usia empat tahun ia mahir mengalahkan ayahnya, menguasai catur semata-mata karena menonton permainan para tetua.
Pada usia 5 tahun, setelah menerima seorang ratu sebagai cacat, Jose kecil mengalahkan grandmaster profesional Iglesias, Taubenhauser. Yang terakhir kemudian bahkan membual tentang ini.
Pada usia delapan tahun, Capablanca mengadakan turnamen dua pertandingan para pemain catur Kuba terkemuka, hanya kalah dari satu master – juara bertahan Juan Corso.

Tidak mudah bagi Capablanca mengalahkan Lasker. Alasan ini adalah kesulitan dalam mengatur pertandingan. Pertemuan kedua raksasa itu terjadi pada tahun 1921 diHavana. Capablanca memenangkan 5, 10, 11, 14 pertandingan melawan juara dunia berkuasa. Lasker kemudian menyerah tanpa penjelasan.

6 tahun kemudian, pada tahun 1927, Capablanca kehilangan gelarnya dalam pertandingan melawan Alekhine. Tidak mungkin menyelenggarakan turnamen pertandingan ulang.
Nasib Alexander Alekhine disertai skandal, kecaman. Menurut pendapat kami, mengutuk seseorang kehilangan kerabat, tanah airnya cara apa pun adalah tindakan tidak masuk akal. Bagi kami, Alekhine adalah grandmaster dari kelas permainan tertinggi

Nasib Alexander Alekhine disertai skandal, kecaman. Menurut pendapat kami, mengutuk seseorang kehilangan kerabat, tanah airnya cara apa pun adalah tindakan tidak masuk akal. Bagi kami, Alekhine adalah grandmaster dari kelas permainan tertinggi
Alexander Alekhine (19/10/1892 – 24/03/1946)

Grandmaster menjadi juara catur dunia keempat. Dia berasal dari Rusia, tetapi setelah revolusi dia pindah tempat tinggal permanen diPrancis. Pada saat sama, sampai kematiannya, Alexander Alekhin mewakili kepentingan dua negara diarena olahraga dunia – Soviet Rusia, Prancis.

Grandmaster menjadi juara catur dunia resmi pada tahun 1927, bermain melawan Capablanca. Dia memegang gelar ini sampai kematiannya, kecuali istirahat pendek dua tahun (dari 1935 hingga 1937), ketika dia secara tak terduga kalah dari Max Euwe, kemudian mendapatkan kembali gelar itu.
Rekor pribadinya tetap menjadi milik sebenarnya dari gelar juara catur dunia seumur hidup, dia konfirmasi dua kali melawan Efim Bogolyubov.
Alexander Alekhine berkali-kali mengakui bahwa dia adalah pecatur profesional mencari nafkah bermain game.

Nasib sulit sang tuan, merampas kekayaan, hak istimewanya, karena revolusi diRusia, juga memaksanya meninggalkan tanah airnya. Itu juga menyebabkan kebutuhan berpartisipasi dalam turnamen catur Nazi. Keadaan terakhir sangat merusak reputasi pemain catur – setelah perang ia diboikot oleh penyelenggara kompetisi, klub internasional terkemuka. Namun demikian, kecemerlangan, bakat, keanggunan sang grandmaster diakui bahkan oleh para pengkritiknya.

Alekhin tentu saja tidak bisa tidak masuk dalam daftar master terbaik didunia.
Doktor Ilmu Teknik, Grandmaster Mikhail Botvinnik berdiri diatas asal mula komputer catur

Doktor Ilmu Teknik, Grandmaster Mikhail Botvinnik berdiri diatas asal mula komputer catur
Mikhail Botvinnik (17/08/1911 – 05/05/1995)

Umur panjang, karier sukses dari juara catur dunia keenam membawanya tidak hanya ketenaran, tetapi juga penghormatan universal. Dia menyadari dirinya dalam beberapa arah, menjadi seorang penulis, pelatih, doktor ilmu teknik. Dia juga pemain catur Soviet paling bergelar.

Botvinnik mendapatkan mahkotanya sebagai master of the game bukan cara klasik, mengalahkan juara bertahan, tetapi melalui perjuangan menyeluruh pesaing lainnya. Alekhine meninggal secara tak terduga, jadi Botvinnik gagal bermainnya. Pertandingan kejuaraan catur dunia diselenggarakan pada tahun 1948, diadakan diDen Haag, Moskow. Botvinnik mengalahkan pemenang hadiah kedua tiga poin, tegas mengambil tempat pemain catur terbaik didunia.
Hingga 1963, Botvinnik berhasil memimpin permainan, hanya beberapa kali (1957, 1961) mempertahankan mahkotanya melawan rival muda – Smyslov, Tal.

Setelah kalah dari Tigran Petrosyan (1963), raja menyerahkan gelarnya sepenuhnya, karena pertandingan ulang tidak diatur oleh aturan internasional saat ini.

Botvinnik vs. Smyslov (1957). Dalam pertandingan ini, Botvinnik kehilangan gelar juara dunianya selama satu tahun.

Botvinnik vs. Smyslov (1957). Dalam pertandingan ini, Botvinnik kehilangan gelar juara dunianya selama satu tahun.

Karier lebih lanjut dari Mikhail Botvinnik mengguncang kepelatihan, dia juga sukses – dia membawa tiga juara catur dunia: Karpov, Kasparov, Kramnik. Kontribusi Botvinnik bagi kemajuan dunia sangat besar. Dan dia tidak hanya menyentuh catur:

Master menciptakan sistem pelatihan khusus.
Dia membuat perbaikan pada sistem pertahanan sudah ada (Slavic, Grunfeld), mengembangkan teori permainan akhir, memperkuatnya permainan praktis.
Mengelola pembuatan program catur komputer.
Patenkan sejumlah penemuan dibidang teknik elektro.

Robert James Fisher (03/09/1943 – 17/01/2008)

Grandmaster adalah orang Amerika sejak lahir. Kejuaraan caturnya jatuh pada periode Perang Dingin – pada tahun 1972. Untuk memenangkan kejuaraan, Fischer mengalahkan Boris Spassky.
Pertandingan Abad Ini: Spassky berjabat tangan pemenang turnamen Fischer.

Pertandingan Abad Ini: Spassky berjabat tangan pemenang turnamen Fischer.

Kontribusinya terhadap perkembangan catur sangat dihargai oleh para ahli:

Paten sistem pengaturan waktu catur dimodifikasi meningkatkan waktu setelah setiap gerakan.
Penemuan jenis permainan catur baru, sekarang dikenal sebagai “catur Fischer”.

Fischer bekerja keras memenangkan gelar waktu sangat lama. Dia keras kepala, konsisten mempertahankan posisinya. Akibatnya, ia berhasil menjadi tidak hanya pemain catur Amerika terkuat, tetapi juga memenangkan gelar juara dunia kesebelas.

Sayangnya, sifatnya memalukan, tuntutannya tinggi pada organisasi turnamen sekali (1975) menyebabkan fakta bahwa FIDE melucuti gelarnya, mentransfer gelar juara dunia ke Anatoly Karpov.
Grandmaster Amerika Robert (Bobby) Fischer

Grandmaster Amerika Robert (Bobby) Fischer

Fischer tetap menjadi sosok sangat misterius didunia catur. Dia sulit dalam negosiasi, tidak memberikan wawancara, mengutip kelelahan, menuntut biaya setiap tindakannya terhadap publik – membaca surat, komentar, jawaban.

Ada alasan percaya bahwa, setelah menerima gelar, dia tidak membiarkan pikiran kalah, jadi dia tidak ingin bermain lagi. Mungkin perilakunya ini merupakan konsekuensi dari penyakit psikologis kompleks didapat setelah menderita meningitis masa kanak-kanak.
Anatoly Karpov (23/5/1951)

Terlahir dalam keluarga kelas pekerja sederhana, sang juara masa depan mengambil langkah pertamanya dalam catur bersama ayahnya. Kemudian ia belajar diklub Zlatoust (wilayah Chelyabinsk). Dan hanya pada tahun 1963 dia memasuki sekolah Botvinnik. Master permainan diakui tidak mempertimbangkan bintang, percaya bahwa tidak ada serius akan datang dari Karpov. Namun demikian, ia membantunya tidak hanya memasuki Universitas Negeri Moskow diluar kompetisi, tetapi juga mendapatkan kesempatan menghadiri kuliah bebas.
Mereka menulis tentang Karpov bahwa dia menggunakan kekuatan batin melawan saingannya. Jika demikian, maka dia ahli menguasainya. Meskipun ini tidak membantunya mengalahkan master sepanjang masa, Kasparov.

Mereka menulis tentang Karpov bahwa dia menggunakan kekuatan batin melawan saingannya. Jika demikian, maka dia ahli menguasainya. Meskipun ini tidak membantunya mengalahkan master sepanjang masa, Kasparov.

Karpov mendapatkan gelar juara cara tidak biasa – karena tuntutan selangit dari Bobby Fischer, pada tahun 1975 FIDE memutuskan mengecualikan juara saat ini dari jajarannya. Gelarnya otomatis berpindah ke penantang terbaik saat itu. Ternyata Anatoly Karpov.

Menjadi juara dunia ke-12, Karpov memegang gelarnya cukup lama – hingga 1984. Kemudian memulai perjuangan panjang, sulitnya dalam mempertahankan gelarnya saingan muda – Garry Kasparov, berakhir kemenangan mutlak raja baru setelah 5 pertandingan, 144 pertandingan dimainkan.

Karpov terkenal tidak hanya dicatur. Prestasinya juga termasuk

kontribusi signifikan filateli;
fondasi perusahaannya sendiri “Catur Karpov”;
pendidikan lembaga pendidikan khusus catur.

Lagipula ada turnamen antara Fischer, Karpov. Ada alasan percaya bahwa dampak mental Karpov pada lawan-lawannya tak tertahankan bagi Fischer. Jadi dia menyerahkan mahkotanya ke juara berikutnya tanpa perlawanan.

Lagipula ada turnamen antara Fischer, Karpov. Ada alasan percaya bahwa dampak mental Karpov pada lawan-lawannya tak tertahankan bagi Fischer. Jadi dia menyerahkan mahkotanya ke juara berikutnya tanpa perlawanan.

Lawan Karpov mencatat dalam dirinya stabilitas psikologis tinggi dalam permainan sangat panjang dan, pada saat sama, kecenderungan bermain all-in dalam situasi membutuhkan pendekatan strategis, daripada solusi sesaat taktis posisi muncul dipapan.. Dengan satu atau lain cara, sistemnya bekerja sempurna selama 10 tahun!
Garry Kasparov (13/4/1963)

Dia diakui sebagai pemain catur terbesar dalam sejarah. Dia memimpin peringkat FIDE hampir seorang diri selama lebih dari 30 tahun, mulai tahun 1985.

Patut dicatat bahwa Kasparov sejak lahir memiliki nama keluarga “Weinstein”, yang, sesuai kerabatnya, ia ubah menjadi sekarang. Ini karena fakta bahwa bocah itu menunjukkan janji besar dalam catur, anti-Semitisme dapat mengganggu kariernya.

Kasparov muda memulai pertumbuhannya ditingkat internasional pada tahun 1980, menang tanpa satu kekalahan dalam turnamen catur diDortmund. Pada tahun sama ia lulus dari sekolah menengah medali emas. Pada tahun 1986, Kasparov mempertahankan diploma dari Institut Bahasa Asing, membuka sekolah catur bersama Botvinnik.
Juara Catur Dunia ke-13 Garry Kasparov

Juara Catur Dunia ke-13 Garry Kasparov

Menurut para ahli, saingan Kasparov, juara dunia ini adalah ahli strategi brilian memiliki ingatan fenomenal, menggunakan gerakan tak terduga dalam situasi tampaknya dapat diprediksi.

Dia tidak sabar, tidak suka permainan panjang – ini adalah titik lemahnya. Namun demikian, Kasparov adalah master game kelas tertinggi diakui. Hanya muridnya sendiri, Vladimir Kramnik, bisa mengalahkannya.

Kemenangan Kasparov dalam catur juga mengembangkan suasana oposisi serius dalam dirinya. Dia dihadapkan manipulasi hasil, permainan politik dibelakangnya, semakin mulai memprotes keadaan ada diUni Soviet, kemudian diRusia.

Hari ini, Kasparov terus mempertahankan kejuaraan kuno dimana ia menerima gelar dunianya. Sejauh ini, tidak ada mengganggu pencapaian pribadi Guru ini.
Vladimir Kramnik (25.06.1975)

Lulusan sekolah Kasparov-Botvinnik, ia menjadi juara catur dunia keempat belas, setelah menerima gelarnya dalam persaingan klasik Garry Kasparov pada tahun 2000. Kasparov membandingkan gaya permainan saingannya sebelumnya – Karpov. Namun demikian, harus diperhitungkan bahwa Kramnik membuat langkah tak terduga melawan Kasparov, membawanya ke kemenangan – dalam permainan Spanyol ia menggunakan pertahanan “Berlin”. Pengetahuannya sangat baik tentang pembukaan memungkinkan dia merumuskan strategi menang-menang memiliki konsekuensi sukses.
Kramnik vs. Kasparov gelar Kejuaraan Catur Dunia

Kramnik vs. Kasparov gelar Kejuaraan Catur Dunia

Vladimir Kramnik kehilangan gelarnya dari raja berikutnya, Viswanathan Anand pada 2007. Sayangnya, meski aktif beraksi, sang mantan juara tak lagi mampu merebut kembali kepemimpinannya.

Mungkin pencapaian utama Vladimir Kramnik catur adalah ia mampu mengalahkan “tak terkalahkan”. Di sisi lain, kemenangan Kramnik menunjukkan dua sisi mata uang – transfer tenang gelarnya ke raja baru, keterampilan melatih Kasparov, Botvinnik sukses. Ini persis kasus dalam sejarah ketika “siswa melampaui guru.”

Pada 2019, Vladimir Kramnik mengakhiri karir caturnya mengundurkan diri.
Mikhail Tal (09.11.1936 – 27.06.1992)

Dia menjadi juara catur dunia kedelapan, memegang gelar hanya satu tahun – dari 1960 hingga 1962. Tal adalah seorang filolog berdasarkan pendidikan, cukup mengejutkan. Dipercayai bahwa catur merangsang perkembangan pemikiran logis, lebih sering dimainkan oleh ahli matematika daripada ahli bahasa. Kemungkinan besar, Tal memiliki pemikiran universal, karena ia dikenal karena kemampuan berikut:

Pada usia tiga tahun dia sudah bisa membaca.
Pada pukul lima, anak itu mengalikan angka tiga digit dalam pikirannya.

Tal memenangkan gelar dunianya dalam sebuah turnamen Botvinnik pada tahun 1960. Potensi intelektual sang grandmaster sangat besar, tetapi kondisi kesehatannya sering kali menghalanginya memastikan gelarnya.

Sebulan sebelum kematiannya, Mikhail Tal, juara catur dunia kedelapan, memenangkan pertandingan melawan Garry Kasparov pada langkah ketujuh belas.

Sebulan sebelum kematiannya, Mikhail Tal, juara catur dunia kedelapan, memenangkan pertandingan melawan Garry Kasparov pada langkah ketujuh belas.

Tal menggunakan gaya permainan menyerang, memaksa lawan bertukar posisi. Ini sering berhasil. Secara khas, Botvinnik memenangkan kembali gelarnya dari Tal dalam pertandingan ulang tahun berikutnya. Namun, Mikhail Tal tetap menjadi pemain catur sangat populer hingga kematiannya, terutama ditanah kelahirannya, Latvia.
Magnus Carlsen (30/11/1990)

Pecatur Norwegia ini berhak disebut jenius baru, karena ia menerima gelar grandmasternya pada usia 13 tahun. Dia saat ini juara dunia dalam catur klasik, cepat, blitz.
Carlsen percaya diri mengalahkan Pertahanan Slavia Kasparov

Carlsen percaya diri mengalahkan Pertahanan Slavia Kasparov

Selain catur, juara dunia keenam belas ini sangat menyukai sepak bola, baseball, ski. Basket, tenis.

Gaya bermain Carlsen dicirikan oleh stamina tinggi, pengetahuan sangat baik tentang pembukaan, penguasaan permainan akhir, permainan tengah, serta kepekaan psikologis sangat baik. Dia mampu melelahkan lawan pemahaman jelas bahwa dari titik tertentu dia masih akan mulai membuat kesalahan. Carlsen pragmatis, logis. Kepemimpinan jangka panjangnya sempurna mencerminkan pengaruh komputer terhadap perkembangan catur secara umum.

Generasi grandmaster lebih muda tentu lebih siap daripada para pemimpin diakui dimasa lalu, ini dikonfirmasi oleh karir catur Carlsen.
Juara Catur Dunia Keenam Belas – Magnus Carlsen

Juara Catur Dunia Keenam Belas – Magnus Carlsen

Garry Kasparov memuji kemampuan Carlsen berdasarkan pengalaman kepelatihannya. Dia mencatat bahwa juara dunia berkuasa mampu “pada tingkat intuisi… mengevaluasi posisi…”. Menurut Kasparov, Carlsen termasuk dalam sekolah pemain catur merasakan harmoni dipapan, seperti dilakukan Capablanca, Karpov.

Raja catur tercantum dalam artikel kami, tanpa diragukan lagi, adalah terbaik disemua kategori akuntansi – dalam hal parameter usia memperoleh gelar juara, dalam hal keterampilan bermain, dalam hal memiliki gaya mereka sendiri, dalam hal kontribusi terhadap catur, dalam hal pemerintahan. Mereka dapat ditambahkan ke daftar cara berbeda, sesuai keinginan siapa pun. Masing-masing dari mereka masih unik – bakat, prestasi, potensi mereka. Sampai saat ini, dunia mengenal enam belas juara catur dunia. Tapi sepuluh dari mereka tanpa diragukan lagi adalah terbaik dari terbaik.

Alditio Sucipto