Sejarah, Asal Mula Catur

Sejarah, Asal Mula Catur, Di lain sisi, ada banyak bukti kuat menunjuk ke India bisa benarkan asal mula catur. Terakhir permainan catur menebar ke Persia. Dipercaya jika beberapa orang Arab mengalahkan Persia, catur menebar ke penjuru dunia Muslim.

Sejarah, asal mula catur
Foto oleh charlie solorzano dari pexels

Pada akhirnya, catur sampai ke beberapa negara Eropa Selatan, munculkan “catur kekinian ” sama seperti kita mengenal sekarang ini.

Seiring berjalannya waktu, catur sudah betul-betul berbeda, reputasinya sudah berkembang dipenjuru dunia. Dan ditahun 1866, grandmaster catur Wilhelm Steinitz jadi Juara Catur Dunia sah pertama dalam suatu acara diselenggarakan diLondon.

Sejak tanggal bersejarah ini, banyak Juara Catur Dunia muncul dipanggung catur. Ini masih merupakan permainan otak paling populer didunia.

Negara mengklaim menemukan catur

  1. Cina
  2. India
  3. Persia

Catur ada selama lebih dari 1500 tahun. Kalau dipikir-pikir, itu waktu cukup lama. Negara-negara seperti Cina, India, Persia memperdebatkan asal-usul catur tetapi belum menunjukkan bukti 100% klaim mereka.

Sejarah Asal Mula Catur Modern

Konsep catur modern mulai populer diEropa sekitar abad ke-15. Periode catur ini dikenal sebagai Zaman Catur Romantis, permainan ini dikuasai dibeberapa negara.

Apa Era Romantis Catur?

Kembali pada 1800-an, “permainan catur romantis” ditandai kombinasi gerakan cerdas, pengorbanan kejam.

Kemenangan tidak begitu penting karena para pemain lebih fokus pada ekspresi kreatif permainan mereka. Faktanya, gaya permainan lebih penting daripada strategi jangka panjang, keterampilan berhitung.

Kemudian, era catur romantis memberi jalan ke era dinamisme.

Zaman Dinamisme Dalam Catur

Di awal era ke-19, catur ada diantara kompetisi reguler, kejuaraan catur.

Baru ditahun 1886 dunia melangsungkan Kejuaraan Catur Dunia pertama kalinya diLondon.

Pada era ke-20, catur jadi lebih bermoral, lakukan lompatan besar, membuat liga ketentuan catur standard.

Evolusi catur mencapai puncaknya pada abad ke-21 ketika olahraga menjadi sangat populer, perangkat lunak komputer dikembangkan membantu menganalisis permainan.

Meskipun teknologi, mesin komputer agak melemahkan semangat permainan, hari ini Internet menawarkan banyak peluang: dapat bermain catur online komputer, bermain catur pemain langsung atau tanpa registrasi dilayar lebar.

Evolusi Catur

Diyakini bahwa catur berasal dari Kekaisaran Gupta India. Kemudian permainan itu disebut Chaturanga, didasarkan pada empat posisi militer: Kavaleri, Kereta, Infanteri, Gajah . Nama-nama ini mewakili bidak catur kekinian kita mengenal saat ini: kesatria, benteng, pionir, uskup.

Perjalanan catur bersambung dari India ke Persia. Mereka jadi sisi dari pengajaran Persia, selekasnya dipungut oleh beberapa kelas bangsawan, elit.

Orang Persia menyebut mereka Chatrang, kemudian diganti namanya menjadi Shatranj oleh Muslim Arab karena masalah pengucapan. Pada saat itu, beberapa aturan permainan catur diadopsi.

Dalam bahasa Persia, kata Shah berarti raja. Dan setiap kali mereka menyerang raja lawan lainnya, mereka mengatakan Shah Mat (raja tak berdaya), juga berarti skakmat seperti kita kenal sekarang.

Sederhananya, skakmat adalah acara terakhir dari permainan catur ketika raja lawan tidak dapat mundur atau mempertahankan diri dari serangan.

Catur merambah ke negara tetangga lainnya bantuan pedagang sutra, peziarah, banyak orang lainnya. Lambat laun, permainan itu menjadi populer, berhenti menjadi permainan hanya kalangan bangsawan, elit masyarakat. . Itu tiba ke Eropa pada era kesepuluh, semenjak itu berkembang cepat.

Dari Mana Asal Mula Catur?

Kita mengetahui jika catur datang dari India sekitaran era keenam, kita mempunyai bukti jika catur berada diAsia tengah pada era ke-1. Sebagian orang sudah mengeklaim jika permainan itu bisa datang dari era ke-15 SM. Tidak ada mengetahui tepat berapakah usia catur.

Dari India, catur cepat menyebar ke Persia, kemudian ke Arab, dimana penguasa kuat melindungi pemain baik cara sama seperti bangsawan Eropa kemudian melindungi musisi, seniman. Saat bangsa Moor mengalahkan Spanyol, catur tiba ke Eropa pada era ke-18.

Sepanjang era ke-1-2, catur mulai menebar ke semua Eropa, terhitung Rusia. Mereka dialokasikan oleh tentara, pedagang disaat itu.

Sementara negara-negara Asia Timur mengadaptasi aturan permainan, papan kebiasaan setempat, Eropa mengadaptasi bentuk catur Muslim, memainkannya selama 6 abad tanpa modifikasi. Permainan kemudian berubah secara dramatis, mengubah catur dari permainan membosankan kemajuan lambat menjadi permainan sambaran petir, aksi konstan.

Di Eropa, catur dimainkan terutama oleh perwakilan ordo agama, pengadilan kerajaan. Baru pada abad ke-9 klub didirikan, turnamen diselenggarakan, memberi catur sirkulasi lebih luas. Tak lama kemudian, Juara Dunia dinobatkan, pecatur profesional mulai muncul pertama kalinya.

Hari Senin Tanggal 21 Maret 2022 Pukul 12:23

Alditio Sucipto