Sejarah Catur

Sejarah Catur, berakar pada zaman kuno. Permainan ini banyak berubah dibandingkan nenek moyangnya diIndia, aturan modernnya baru tersebar luas pada abad ke-16. Selain itu, gim ini tidak memiliki jam atau jenis bidak standar hingga abad ke-19.

Sejarah catur
Foto oleh george becker dari pexels

Baru sejak paruh kedua abad 19, turnamen pecatur terkuat mulai diadakan secara teratur, gelar juara dunia dimainkan, berbagai gaya permainan mulai muncul. Buku pegangan pembuka pertama diterbitkan pada tahun 1843, tetapi teori catur memperoleh bentuk modernnya hanya pada pertengahan abad ke-20. Pada akhir abad ke-20, catur sangat dipengaruhi oleh program komputer, database.

Sejarah Catur Dan Asal-Usul Catur

Prototipe catur, muncul tidak lebih dari 600 M, adalah permainan chaturanga. Sejak saat itu, catur secara bertahap menyebar ke seluruh Asia, Eropa, pada awal abad ke-16, catur menjadi permainan kita kenal sekarang. Salah satu master catur paling awal diketahui adalah seorang pendeta Spanyol bernama Ruy López. Dia bukan penemu permainan Spanyol, tetapi dia menganalisis pembukaan ini dalam bukunya, diterbitkan pada tahun 1561. Pada masa itu, seni catur masih dalam masa pertumbuhan. Lopez menganggap penting kemenangan duduk agar matahari bersinar dimata lawan!

Perkembangan Catur Di Abad Ke-19

Sampai pertengahan abad ke-18, teori catur berkembang sangat cepat. Pada tahun 1749, master Prancis François-André Philidor menerbitkan bukunya Analysis of the Game of Chess, berisi beberapa ide pembuka baru, termasuk pertahanan masih dinamai menurut penemunya, serta rencana pertahanan dibenteng berakhir tanpa nama. bidak. Pepatah terkenal Philidor “pion adalah jiwa catur” juga melihat cahaya dibuku sama.

Catur menjadi semakin populer, dipertengahan abad ke-19, penyatuan bidak catur dimulai. Sebelumnya, catur dimainkan berbagai jenis bidak. Pada tahun 1849, perusahaan John Jaques (Jaques of London), memproduksi peralatan permainan diLondon, merilis satu set potongan model baru, dibuat oleh Nathaniel Cook, didukung oleh pemain catur terkuat saat itu, Howard Staunton. Gaya potongan baru, dikenal sebagai Staunton, segera dikenal, digunakan diklub, turnamen diseluruh dunia. Set Staunton, sedikit modifikasi, masih dianggap standar bidak catur.
sejarah catur set Jaques Staunton

Abad ke-19 juga melihat pengenalan jam catur kompetitif Sebelum tersebar luas, pesta bisa berlangsung selama 14 jam! Dengan standarisasi bidak catur, munculnya jam tangan, pembuatan inventaris catur akrab turnamen modern selesai.

Catur sendiri berkembang secara intensif pada abad ke-19. Permainan paling terkenal saat itu adalah serangan gagah – konsep pertahanan kuat belum ditemukan. Sebuah permainan dimana seorang pemain catur tidak mengorbankan bidak ke kanan, ke kiri, mencoba menskakmat lawan, dianggap tidak cukup menarik! Selama era catur menyerang ini, bakat master Amerika Paul Morphy.
sejarah catur Paul Morphy

Morphy mewujudkan gaya catur romantis, menyerang. Selama turnya diEropa, Morphy mengalahkan semua pemain catur terkuat didunia kecuali Staunton, menolak tantangan tersebut, karirnya sedang menurun. Dia menghancurkan Adolf Andersen, Louis Paulsen, Daniel Harrwitz, banyak pemain catur lainnya. “Permainan opera” dimainkan oleh Morphy pada tahun 1858 melawan Charles II, Duke of Brunswick, Count Isoir dianggap sebagai salah satu terbaik dalam sejarah catur. Morphy mengorbankan hampir seluruh set bidak lawannya menyatakan skakmat tersisa.

Juara Dunia Pertama Dan Permainan Posisi

Wilhelm Steinitz tidak pernah menghadapi Morphy didewan, mengakhiri karirnya sebelum juara dunia pertama mendapatkan ketenaran. Teori Steinitz, menyangkal permainan terlalu agresif, merupakan inti dari catur modern. Dia suka menerima taruhan, menutup posisi, secara bertahap memperkuat posisinya menyadari keuntungan materi. Dalam tahun-tahun terbaiknya, Steinitz tidak mengenal tandingan dalam permainan posisi, pada tahun 1886 menjadi juara dunia resmi pertama.

  • Sejarah Catur Wilhelm Steinitz

Steinitz tetap juara dunia sampai 1894 ketika ia dikalahkan oleh Emanuel Lasker (10-5). Laga ulang berlangsung tiga tahun kemudian berakhir lebih meyakinkan skor 10-2. Lasker tetap menjadi juara dunia selama 27 tahun, lebih lama dari siapa pun dalam sejarah catur.

Catur posisi Steinitz, Lasker semakin populer. Sampai tahun 1920-an, pendapat berlaku bahwa pada awal pesta, lawan wajib berjuang menguasai pusat pion. Pembukaan paling umum saat itu adalah permainan Spanyol, Gambit Ratu, Pertahanan Prancis, Pembukaan Empat Ksatria. Dalam bukaan ini, permainan biasanya berkembang tenang, lawan sibuk mengumpulkan plus posisi kecil: menangkap ruang, kotak kunci, diagonal, vertikal.

  • Sejarah Catur Lasker

José Raul Capablanca mengalahkan Lasker pada tahun 1921 menjadi juara dunia ketiga. Gaya Capablanca masih dianggap sebagai lambang penguasaan posisi paling jelas. Dia berusaha menghindari posisi sulit secara taktis, berusaha mendapatkan keuntungan kecil, dia bawa ke kemenangan diakhir permainan. Dia dibedakan oleh keterampilan tak tertandingi dalam memainkan akhiran. Program komputer catur terkuat saat ini menemukan sangat sedikit kekurangan dalam teknik permainan akhir-nya. Capablanca adalah juara dunia hanya enam tahun, tetapi bahkan hari ini ia dianggap sebagai salah satu pemain catur terkuat sepanjang masa.

  • Sejarah Catur Capablanca

Pada 1920-an, arus pemikiran catur baru muncul, hipermodernisme. Penemuan utama kaum hipermodernis adalah bahwa adalah mungkin mengontrol pusat potongan-potongan tanpa menempatinya pion. Ide ini tercermin dalam permainan, pembukaan generasi baru pemain catur: Aron Nimzowitsch, Efim Bogolyubov, Richard Reti, Ernst Grunfeld. Pada saat ini, awal baru, skema pengembangan sedang dibuat: pembukaan Reti, pertahanan Nimzowitsch, Grunfeld, Benoni.

Mungkin contoh hipermodernisme paling mencolok adalah Pertahanan Alekhine, dinamai menurut penemunya, juara dunia keempat Alexander Alekhine ). Gagasan dibalik pertahanan ini adalah memprovokasi Putih agar menggerakkan pion tengah ke depan, kemudian menyerang pusat pion tidak stabil. Hari ini Alekhine dikenang bukan sebagai seorang hiper-modernis, tetapi sebagai pemain catur gaya dinamis pertama – ia bisa bermain baik secara taktis, agresif, serta tenang, posisi. Alekhine adalah juara dunia 1927-1935 ketika ia kalah dalam pertandingan Max Euwe. Alekhine mengalahkan Euwe dalam pertandingan ulang pada tahun 1937, tetap menjadi juara sampai kematiannya pada tahun 1946. Dia adalah satu-satunya juara dunia meninggal tanpa terkalahkan.

Sekolah Catur Soviet

Sejarah catur
Foto oleh kampus production dari pexels

Dari tahun 1927 hingga 2006, gelar dunia dipegang oleh pemain catur dari Rusia, Uni Soviet (dengan dua pengecualian). Alekhine, Mikhail Botvinnik, Vasily Smyslov, Mikhail Tal, Tigran Petrosyan, Boris Spassky, Anatoly Karpov, Garry Kasparov, Vladimir Kramnik menjadi juara dunia berturut-turut hingga awal abad ke-21. Gaya para pemain catur ini sangat berbeda: dari permainan posisional Karpov, Petrosyan, Smyslov, Kramnik hingga serangan ganas Tal, konsep dinamis Alekhine, Kasparov – setiap orang dapat menemukan sesuatu sesuai selera mereka dalam pekerjaan mereka!

Mikhail Botvinnik menjadi juara dunia keenam memenangkan pertandingan kejuaraan dunia pada tahun 1948. Untuk pertama kalinya, gelar tersebut diadakan dibawah naungan FIDE, Federasi Catur Internasional. Juga, pertama, terakhir kalinya dalam sejarah, juara dunia ditentukan bukan dalam pertandingan, tetapi dalam turnamen partisipasi lima pemain catur (tanpa adanya juara bertahan). Botvinnik tetap menjadi juara dunia tahun 1948 hingga 1963 (dua kali berpisah gelar selama satu tahun selama waktu ini).

  • Sejarah Catur Botvinnik

Botvinnik dikenal karena logika besinya, kemampuannya mengubah gayanya seperti bunglon, berusaha mencari kelemahan dalam permainan lawannya. Dia kalah dalam pertandingan dari Vasily Smyslov pada tahun 1957, tetapi menurut aturan berlaku saat itu, pertandingan ulang terjadi setahun kemudian, dimana Botvinnik berhasil mendapatkan kembali gelar. Pada tahun 1960, Botvinnik kalah dari Mikhail Tal, lagi setahun kemudian ia menang dalam pertandingan ulang. Era Botvinnik hanya berakhir pada tahun 1963, ketika ia dikalahkan oleh Tigran Petrosyan, FIDE menghapuskan hak pertandingan ulang.

Botvinnik diakui sebagai pelatih paling luar biasa sepanjang masa, berkontribusi pada pembentukan tiga juara dunia masa depan: Karpov, Kasparov, Kramnik – pencapaian belum pernah terjadi sebelumnya! Ia juga dianggap sebagai pelopor dalam pengembangan program catur, bapak catur komputer.

Petrosian bermain bertahan, tetapi langkah favoritnya adalah pengorbanan pertukaran posisi. Pada tahun 1966 ia mempertahankan gelar dalam pertandingan melawan Boris Spassky, tetapi tiga tahun kemudian Spassky kembali menjadi penantang, mengalahkan Petrosian, naik ke tahta catur. Tiga tahun kemudian, Spassky kalah dalam pertandingan terkenal dari Robert Fischer.

Robert Fischer adalah salah satu pemain catur paling misterius sepanjang masa, satu-satunya berhasil melampaui pemain catur Soviet diparuh kedua abad 20. Dari tahun 1970 hingga 1972 dia tidak ada bandingannya. Pada tahun 1971, ia mengalahkan Mark Taimanov dalam pertandingan perempat final Kandidat, memenangkan enam pertandingan tanpa kekalahan atau seri. Beberapa bulan kemudian, nasib sama menunggu Bent Larsen. Tidak seorang pun sebelum atau sesudah berurusan orang-orang sezamannya gaya sama.

Pada tahun 1972, pertandingan antara Fischer, Spassky menarik perhatian seluruh dunia, termasuk bahkan mereka tidak tahu apa-apa tentang catur. Pertandingan itu tidak hanya kompetisi catur paling banyak dibicarakan dalam sejarah, tetapi juga bagian dari konfrontasi geopolitik antara AS, Uni Soviet: tidak hanya diPerang Dingin, tetapi juga dilapangan catur.

Fischer membuat para penggemarnya gugup: dia membiarkan blunder digame pertama, mengejar pion dalam posisi sederhana, kemudian menolak memainkan kedua karena gangguan diruang bermain. Karena itu, pada awal pertandingan, Spassky menerima keunggulan dua poin sebagian besar dari 24 game, tetapi Fischer segera tidak hanya mengejar, tetapi bahkan melampaui lawannya, menyelesaikan pertarungan skor 12,5-8,5. Banyak permainan mengesankan dimainkan dalam pertandingan itu, tetapi keenam paling menonjol. Bahkan Spassky ikut serta dalam tepuk tangan menggelegar diauditorium :

Sayangnya semua penggemar catur, setelah tiga tahun Fischer menolak mempertahankan gelarnya, karena FIDE tidak menyetujui tuntutannya jelas tidak mungkin. Fischer kehilangan gelarnya, mengakhiri karir caturnya, duduk didewan lagi hanya pada tahun 1992 dalam “pertandingan ulang” saingan lamanya, Spassky. Setelah memenangkan pertandingan ini juga, Fischer sekali lagi menghilang dari dunia catur, meninggalkan lebih banyak pertanyaan daripada juara dunia lainnya.

Karpov, Kasparov, komputer, Carlsen

Sejarah catur
Foto oleh tima miroshnichenko dari pexels

Anatoly Karpov menjadi juara dunia ke-12 pada tahun 1975. Dia bermain dalam gaya posisi solid, memiliki teknik tertinggi, pemikiran preventif. Viswanathan Anand berkata bahwa “Karpov tidak begitu tertarik rencananya sendiri seperti menggagalkan rencana lawannya.” Karpov adalah juara dunia selama sepuluh tahun, aktif bermain diturnamen hingga akhir tahun 90-an, kemudian fokus pada kegiatan sosial, politik.

Karpov mendominasi catur pada 1970-an, 1980-an hingga ia digantikan diatas takhta oleh pecatur legendaris lainnya, Garry Kasparov. Lawan bersejarah memainkan 144 pertandingan dalam lima pertandingan kejuaraan dunia 1984-1990: 104 pertandingan berakhir imbang, 21 dimenangkan oleh Kasparov, 19 dimenangkan oleh Karpov. Dengan pengecualian pertandingan pertama, dibatalkan tanpa pemenang, terlepas dari hasil hampir sama, Kasparov selalu menjadi lebih kuat.

Kasparov mempertahankan gelar juara dunia selama 15 tahun, selama periode pertumbuhan, perkembangan catur cepat, kehilangan gelarnya hanya dari Vladimir Kramnik pada tahun 2000. Kasparov tetap menjadi pemain catur peringkat tertinggi didunia hingga tahun 2005. Ia juga menjadi pemain catur pertama ratingnya melebihi 2.800 poin Elo.

Kasparov adalah pemain catur pertama secara sistematis menggunakan komputer persiapan. Dia mengalahkan program catur terkuat lebih dari sekali pada akhir 1980-an, awal 1990-an. Akhirnya, pada tahun 1997, ia kalah dalam pertandingan superkomputer Deep Blue. Setelah menyelesaikan karir olahraganya, Kasparov menulis beberapa buku tentang catur (termasuk multi-volume “Pendahulu Agung Saya”), juga melakukan banyak politik. Berikut wawancara Kasparov website kami dibuat pada tahun 2017:

Pada tahun 2005, para skeptis terakhir menyadari bahwa superkomputer jauh lebih unggul daripada manusia dalam hal kekuatan permainan. Tahun ini, superkomputer Hydra mudah mengalahkan Michael Adams (saat itu pemain catur ketujuh diplanet ini peringkat 2737), mencetak 5,5 poin dalam 6 pertandingan. Pertumbuhan kekuatan program komputer tidak berhenti disitu. Peringkat mesin open source terkuat, Stockfish, adalah sekitar 3400. Pada tahun 2017, dunia catur dikejutkan oleh keberhasilan AlphaZero, mengalahkan Stockfish dalam pertandingan 100 game. Pada awal 2018, AlphaZero mengalahkan Stockfish lagi, kali ini dalam 1.000 pertandingan.

Orang-orang juga menjadi lebih kuat menggunakan komputer penelitian, analisis, teori pembukaan. Saat ini, persiapan profesional kompetisi catur tidak mungkin dilakukan tanpa bantuan komputer.

Juara dunia Magnus Carlsen mengalahkan Viswanathan Anand pada 2013. Dia masih tetap menjadi pemain catur terkuat didunia, hanya pada tahun 2019 dia mengambil beberapa tempat pertama diturnamen terkuat. Pada tahun 2014, ia mencapai peringkat klasik manusia tertinggi sepanjang masa sebesar 2876 poin Elo. Banyak menganggap Carlsen sebagai pemain catur terkuat sepanjang masa.

Alditio Sucipto