10 Pemain Catur Terhebat

10 Pemain Catur Terhebat Sepanjang Masa Sejarah permainan tercinta kita penuh legenda, juara dunia, pesaing, pemain catur terhebat kelas dunia, grandmaster.

10 pemain catur terhebat
Foto oleh vlada karpovich dari pexels

Permainan mereka menyenangkan, menginspirasi, mengajari kami permainan kerajaan. Seringkali para amatir berdebat tentang kekuatan komparatif para raksasa catur, mengajukan pertanyaan utama:
Siapa pemain catur terhebat sepanjang masa?”

10 Pemain Catur Terhebat

10. Alexander Alekhin

Alexander Alekhin adalah juara pemain catur terhebat di  dunia keempat menduduki tahta Caissa dari tahun 1927 hingga 1946 (kecuali periode 1935-1937). Dia adalah pemain catur terhebat brilian, serba bisa kemampuan khusus memainkan permainan kombinasional diposisi sulit. Darinya, dunia pemain catur terhebat belajar bahwa aturan, prinsip dapat dilanggar jika diperlukan oleh karakteristik posisi tertentu.

pertandingan kejuaraan dunia José Raul Capablanca pada tahun 1927, meskipun ia belum pernah memenangkan satu pertandingan pun melawannya sebelumnya.

Abad Alekhine diatas takhta juara dunia itu panjang, tetapi ia berhasil mempertahankan gelar hanya dua kali, melawan Yefim Bogolyubov pada tahun 1929, 1934. Karena berbagai alasan, Capablanca, Alekhine tidak pernah melakukan pertandingan ulang.
Pada tahun 1935, Alekhine secara tak terduga kalah dalam pertandingan kejuaraan dunia dari Max Euwe, tetapi dua tahun kemudian ia memenangkan pertandingan ulang, mendapatkan kembali mahkota ia selamatkan sampai mati.

Pada tahun 1946, ia meninggal pangkat juara dunia, setelah menyetujui pertandingan kejuaraan Mikhail Botvinnik.

9. Mikhail Tal

Mikhail Tal , “Pesulap dari Riga“, adalah juara dunia resmi kedelapan. Pada tahun 1960, ia mengalahkan Botvinnik, memenangkan gelar pada usia 23, menjadi juara dunia termuda, meskipun Kasparov, Carlsen kemudian melampaui pencapaian ini.

Gaya menyerang unik Tal menginspirasi para pemain catur terhebat selama beberapa dekade. Pernyataannya diketahui: “Anda perlu menyeret musuh ke dalam hutan gelap, lebat, dimana 2 + 2 = 5, jalur penyelamatannya cukup sempit sehingga hanya sendiri dapat melewatinya.”

Koleksi game Tal Into the Fire of Attack dianggap sebagai salah satu buku catur terbesar sepanjang masa .

8. Emanuel Lasker

Emanuel Lasker adalah juara pemain catur terhebat dunia kedua. Dia memegang gelar selama 27 tahun, dari tahun 1894 hingga 1921, lebih lama dari siapa pun. Karir bermainnya membentang lima puluh tahun. Lasker mengambil gelar melawan juara dunia pertama Wilhelm Steinitz pada tahun 1894, mempertahankannya lima kali melawan pesaing terkuat: Frank Marshall , Siegbert Tarrasch , David Janowski, Karl Schlechter .

Pada tahun 1921, Lasker kalah dalam pertandingan kejuaraan dunia dari Capablanca, tetapi terus meraih kesuksesan dilevel tertinggi. Pada tahun 1935, pada usia 66, ia menempati posisi ketiga dalam sebuah turnamen diMoskow, setengah poin dibelakang Botvinnik, Salo Flor , tetapi didepan Capablanca, 16 pesaing lainnya.

7 . Vladimir Kramnik

Vladimir Kramnik adalah juara dunia dari tahun 2000 hingga 2007. Dia mengalahkan Kasparov legendaris pada tahun 2000, mempertahankan gelarnya melawan Peter Leko pada tahun 2004, Veselin Topalov pada tahun 2006. Dengan mengalahkan Juara Dunia FIDE Topalov dalam pertandingan unifikasi, Kramnik menjadi juara dunia pertama tak terbantahkan sejak putusnya Kasparov FIDE pada 1993.

Di tahun-tahun terbaiknya, Kramnik bisa melakukan segalanya dalam catur. Dia terutama dikenal karena kehebatan permainan akhir fantastis, gaya posisi bersih. Kramnik adalah salah satu bek paling sulit didekati dalam sejarah catur.

Selama 25 tahun berturut-turut, Kramnik termasuk diantara sepuluh grandmaster terkuat didunia, hingga ia mengumumkan pengunduran dirinya dari catur profesional pada Januari 2019.

6. Mikhail Botvinnik

Mikhail Botvinnik dikenal sebagai “patriark sekolah catur Soviet”. Juara dunia keenam memegang gelar dari tahun 1948 hingga 1963 (dengan dua istirahat singkat), tetap menjadi salah satu grandmaster terkuat didunia selama lebih dari 30 tahun. Gaya Botvinnik dicirikan oleh kombinasi logika besi, fleksibilitas, ia juga memiliki bakat khusus persiapan metodis, perencanaan strategis. Dia bisa beradaptasi gaya bermain lawan mana pun.

Botvinnik menjadi juara dunia pada tahun 1948, mempertahankan gelar melawan David Bronstein (1951), Vasily Smyslov (1954). Pada tahun 1957, Smyslov mengalahkan Botvinnik, mendapatkan kembali gelar dalam pertandingan ulang tahun berikutnya. Pada tahun 1960, Botvinnik kalah dari Tal, tetapi sekali lagi belajar dari kekalahan tersebut, memenangkan pertandingan ulang pada tahun 1961.

Eranya ditahta catur berakhir pertandingan melawan Petrosian pada tahun 1963, tetapi Botvinnik terus bermain dilevel tertinggi hingga akhir karir turnamennya pada tahun 1970. Kembali pada tahun 1963, sesi pertama Sekolah Catur All-Union Botvinnik berlangsung, berpartisipasi dalam pembentukan tiga juara dunia: Karpov, Kasparov, Kramnik.

5. Anatoly Karpov

Anatoly Karpov , juara dunia ke-12, memegang mahkota catur dari tahun 1975 hingga 1985, merupakan juara dunia FIDE dari tahun 1993 hingga 1999. Karpov adalah pemain catur sangat serbaguna, tetapi fitur utama dari gayanya disebut penjepit posisi, permainan profilaksis, teknik endship sangat baik.

Gelar juara dunia jatuh ke tangan Karpov ketika Fischer menolak mempertahankan gelarnya pada tahun 1975 karena FIDE tidak menyetujui persyaratannya. Dia mempertahankan mahkota dua kali dalam pertandingan Viktor Korchnoi pada tahun 1978, 1981. Pada tahun 1984 Karpov menghadapi Kasparov dalam pertandingan kejuaraan dunia, dunia catur berubah selamanya .

Secara total, dari 1984 hingga 1990, mereka memainkan lima pertandingan: Karpov memenangkan 19 pertandingan, Kasparov memenangkan 21, 104 berakhir imbang!

Ketika Kasparov putus FIDE pada tahun 1993, Karpov mengalahkan Jan Timman , pada tahun 1996 ia mempertahankan gelarnya dalam pertandingan Gata Kamsky , pada tahun 1998 Anand. Pada tahun 1999, FIDE memutuskan memainkan gelar diturnamen sistem gugur, tetapi Karpov menolak bermain persyaratan seperti itu.

Karya Karpov tetap menjadi sumber inspirasi bagi semua pemain catur posisional bahkan hingga hari ini. Koleksi permainan terbaiknya adalah salah satu buku terbesar dalam sejarah catur .

4. Jose Raul Capablanca

José Raul Capablanca adalah juara catur dunia ketiga, salah satu pemain catur paling berbakat dalam sejarah. Dari tahun 1916 hingga 1924 ia mencatatkan 40 kemenangan, 23 kali seri tanpa kekalahan – sebuah pencapaian sejarah belum pernah terjadi sebelumnya. Selama tahun-tahun ini, bakat, keterampilan Capablanca tidak ada bandingannya.

Capablanca menjadi juara dunia setelah mengalahkan Lasker legendaris pada tahun 1921. Banyak percaya bahwa ia menjadi lebih kuat dari Lasker jauh lebih awal, bisa memenangkan Alekhine dalam pertandingan ulang, tetapi istilah kejuaraan capablanca dipersingkat oleh Perang Dunia Pertama, perselisihan tentang mengadakan pertandingan kejuaraan dunia.

Setiap juara dunia menguasai semua tahapan permainan catur sempurna, tetapi Capablanca sangat ahli dalam hal akhir. Bahkan sekarang, mesin, sulit menemukan kesalahan dalam permainan klasiknya.

3. Robert Fischer

Robert Fischer adalah juara catur dunia ke-11, satu-satunya orang Amerika memenangkan gelar ini. Bagi banyak orang, dia adalah pemain catur paling terkenal dalam sejarah. Pada 1970-1971, Fischer memenangkan 20 pertandingan berturut-turut melawan lawan kelas dunia, belum pernah dicapai oleh siapa pun sebelum atau sesudahnya. Pencapaian ini dianggap sebagai salah satu dari tujuh rekor catur paling menakjubkan .

Pada tahun 1972, Fischer mengalahkan Spassky dalam “Pertandingan Abad Ini”. Keberhasilannya dalam konfrontasi sekolah catur Soviet menjadi salah satu peristiwa penting Perang Dingin.

Gayanya orisinal, kreatif. Dia menyerang, bertahan sama baiknya, menunjukkan kesadaran posisi mengintimidasi. Fischer menginspirasi banyak generasi pemain catur diAS, diseluruh dunia.

yang dimenangkannya “Game of the Century” adalah salah satu game paling terkenal sepanjang masa, buku “My 60 Memorable Games” adalah salah satu terbaik dalam sejarah catur .

2. Magnus Carlsen

Magnus Carlsen adalah juara dunia berkuasa diketiga kontrol standar (klasik, cepat, blitz). Pada tahun 2009, ia menjadi 800 pemain termuda dalam sejarah catur, pada 21 April 2014 ia mencapai peringkat Elo tertinggi dalam sejarah 2889.

Sejak 2011, Carlsen menduduki tempat pertama dalam daftar peringkat catur klasik, mendominasi pemain catur lain dizaman kita. Pada tahun 2020, rentetan uniknya dari 120 game klasik tanpa kekalahan berlanjut.

Dia melakukan cukup banyak menempati peringkat kedua dalam daftar pemain catur terhebat sepanjang masa, tetapi dia baru berusia 29 tahun, belum mencapai kekuatan maksimalnya!

Carlsen menjadi juara dunia pada 2013 menjelang ulang tahunnya ke-23 (hanya Kasparov menjadi juara diusia lebih muda). Ia berhasil mempertahankan gelarnya sebanyak empat kali: dalam laga baru melawan Anand pada 2014, bersama Sergey Karyakin pada 2016, bersama Fabiano Caruana pada 2018, bersama Ian Nepomniachtchi pada 2021.

Carlsen sendiri masih belum percaya bahwa dirinya layak menempati posisi #1 dalam daftar pecatur terhebat sepanjang sejarah. Pada Januari 2020, dia mengatakan dalam sebuah wawancara: “Kasparov menjadi terkuat didunia selama 20 tahun tanpa jeda… Dia harus dianggap sebagai pemain catur No. 1 dalam sejarah. Tapi saya merasa waktu menguntungkan saya. … Saya belum berusia 30 tahun.Jika menghitung siapa mencapai apa pada usia 30 tahun, maka inilah saya didepan.

1. Garry Kasparov

Garry Kasparov, juara catur dunia ke-13, memegang gelar dari 1985 hingga 2000. Dia pertama kali naik ke peringkat satu dunia pada tahun 1984, tetap menjadi pemain terkuat didunia hingga tahun 2006. Dia mendominasi catur selama lebih dari 20 tahun .

Pada 3 Maret 2000, Kasparov mencapai peringkat sepanjang masanya

Alditio Sucipto